Merawat dan Mencintai Tanah Air Pasca Kemerdekaan

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Merawat dan Mencintai Tanah Air Pasca Kemerdekaan

Jumat, 18 Agustus 2023 | Agustus 18, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T17:14:05Z

 




DAMAIKU.ID-Salah satu nikmat yang patut kita syukuri pada bulan ini yakni rasa syukur atas anugrah Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Alhamdulillah pada bulan Agustus 2023.



Republik Indonesia telah menginjak pada usia kemerdekaan yang ke-78. Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI (Republik Indonesia) akan diperingati pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Dengan mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.



Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia Maju.



Sebelum berbicara tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tidak berlebihan  apabila saat ini membicara modal semangat tema tersebut, salahsatunya mencintai, merawat dan mempertahankan cinta tanah air.



Mempertahankan cinta tanah air; meneladani kecintaan ulama terhadap tanah air bukan tanpa alasan. Ulama terdahulu memegang dawuh Nabi Muhammad SAW yakni “mempertahankan cinta tanah air karena Allah lebih baik daripada dunia dan seisinya”. Jadi sebegitu kuat tekad para ulama untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan dengan berlumur darah agar anak cucunya merasakan kemerdekaan, agar mudah dalam tholabul ilmi, agar mudah dalam bekerja dan hidup aman damai,” 




Oleh karena itu, tugas generasi saat ini adalah menjaga keutuhan bangsa Indonesia, jangan sampai bangsa yang telah diperjuangkan oleh para ulama hancur karena ulah dan kecerobohan generasi saat ini. “Jangan sampai niatnya hiburan perayaan Agustus malah berakhir ricuh. Sangat munafik dan merupakan hal yang bodoh jika kita kisruh dengan saudara kita sendiri, apalagi masih sebangsa dan setanah air,”




Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Merawat dan Mencintai Tanah Air Pasca  Kemerdekaan oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini


Tag Terpopuler