Spirit Mensyukuri, Mengisi dan Merawat Nikmat Kemerdekaan

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Spirit Mensyukuri, Mengisi dan Merawat Nikmat Kemerdekaan

Jumat, 25 Agustus 2023 | Agustus 25, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T17:14:03Z

 





DAMAIKU.ID-Saat ini kita berada di bulan Agustus. Bulan yang di dalamnya terdapat hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 17.



Momen ini mengingatkan kita semua tentang nikmat Allah yang agung berupa kemerdekaan bangsa Muslim yang besar ini dari cengkeraman penjajahan Jepang dan beberapa negara Eropa pada masa lalu, yaitu Portugis, Inggris dan Belanda.



Masing-masing dari kita sudah paham arti kata merdeka secara bahasa, yaitu bebas, tidak terikat atau tergantung kepada pihak lain. Namun, apakah sebenarnya makna dari kemerdekaan itu dari tinjauan syar’i atau bagaimanakah perspektif Islam dalam memandang hakikat kemerdekaan?



Menurut Dr. Lukman Abdullah, saah seorang Mufti Wilayah Federal Malaysia, dalam konteks Islam, kemerdekaan berarti kebebasan bagi umat Islam untuk menjalankan kewajiban agamanya tanpa halangan apa pun.



Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Spirit Mensyukuri, Mengisi dan Merawat Nikmat Kemerdekaan oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini



Tag Terpopuler