4 Delegasi Indonesia Ikuti Kursus Kepemimpinan Pemuda Islam MABIMS di Brunei. Siapa Aja?

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

4 Delegasi Indonesia Ikuti Kursus Kepemimpinan Pemuda Islam MABIMS di Brunei. Siapa Aja?

Sabtu, 23 September 2023 | September 23, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T17:13:52Z

 



DAMAIKU.IDBrunei Darussalam menjadi tuan rumah Kursus Kepemimpinan Belia (Pemuda) Islam MABIMS 2023. Indonesia mengirim empat delegasi untuk ikut dalam kursus ini.



Mereka adalah Syifa’ Nurda Mu’affa (Ketua Umum Duta Santri Nasional), Makhyatul Fikriya (Wakil Sekretaris Duta Santri Nasional, UIN Bandung), Alin Adzkanuha (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Fitriah Raudhatul Jannah (Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama).


Kursus ini berlangsung dari 17 – 21 September 2023. Delegasi Indonesia bertolak dari Jakarta dan tiba di Bandar Seri Begawan pada 17 September 2023. “Acara yang diselenggarakan di Pusat Belia, Bandar Seri Begawan bertujuan memperkuat kerjasama antara pemuda dari negara anggota MABIMS, yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura,” terang Syifa’Nurda Mu’affa, Sabtu (23/9/2023).



Menurutnya, kursus ini merupakan bagian dari Rancangan Strategik MABIMS 2021-2025 yang menekankan kerjasama dalam bidang Potensi Pemuda. Program ini bertujuan melatih peserta dalam menerapkan nilai-nilai kepemimpinan Islam, membangun kerjasama tim, dan mengembangkan kemampuan pemuda dalam memimpin, memotivasi, serta mempererat silaturahim di antara pemimpin pemuda MABIMS.



Sejumlah rangkaian acara diikuti delegasi Indonesia dalam kursus kepemimpinan ini. Sejumlah aktivitas dilakukan antara lain: team building, capacity building activities, serta mengunjungi Pusat Ehsan Al-Ameerah Al-Hajjah Maryam di Bengkurong, sebuah pusat yang memberdayakan masyarakat disabilitas di Brunei.



“Program ini juga diisi dengan Dzikir Maulid di Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah, salah satu masjid nasional di Bandar Seri Begawan,” sebut Syifa.



“Kursus Kepemimpinan Belia Islam MABIMS 2023 ini membuka peluang baru bagi pemuda Indonesia untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka, memperluas jaringan internasional, dan mendukung kerjasama yang kuat antarbangsa dalam upaya mencapai tujuan bersama. Program ini telah memberikan pengalaman berharga dan kenangan tak terlupakan bagi para peserta,” tandasnya.

Tag Terpopuler