UIN Bandung Goes to IAIN Cirebon, Yuk Menulis!

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

UIN Bandung Goes to IAIN Cirebon, Yuk Menulis!

Sabtu, 21 Oktober 2023 | Oktober 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T17:13:43Z


DAMAIKU.ID -- Menulis bukanlah salah satu bakat yang dibawa semenjak lahir tetapi merupakan suatu kegiatan yang dibiasakan dan diusahakan. Pengembangan skill mahasiswa di bidang kepenulisan akademik sangat dibutuhkan. 


Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Cirebon, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag menggagas acara Workshop Pengembangan Life Skill dan Enterpreneurship bagi Mahasiswa dengan tema Academic Writing for Student, yang dalam hal ini bermitra dengan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Acara ini digelar di Gedung Rektorat Lt.3 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jl. Perjuangan, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132, pada Kamis, 19 Oktober 2023. 


Wakil Dekan 1 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Cirebon, Wakhid Nashruddin, Ph.D memberikan sambutan sekaligus membuka acara, "Keberhasilan acara Academic Writing yang dilaksanakan pada Februari lalu membuahkan hasil yang luar biasa dibuktikan dengan terbitnya 19 artikel mahasiswa. Karena itu kami menjadikan Academic Writing ini sebagai agenda tahunan yang akan terus ditingkatkan," tuturnya. 


Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai narasumber, Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag memberikan apresiasi, "Ciptakan keasyikan menulis bersama teman sebaya. Semoga kita semua yang ada di sini bisa menjadi satu circle bahkan satu komunitas besar. Nikmatilah setiap proses yang dilalui, karena di setiap akhir proses itu akan selalu ada kepuasan yang dirasakan. Hargai prosesnya dan apresiasilah diri sendiri," paparnya. 


Berkaca dari beberapa workshop sebelumnya, kegiatan pelatihan dapat berlangsung efektif jika dilakukan bersama teman sebaya (peer). Karena itu, Prof. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag kembali melibatkan dua fasilitator kelas menulis, Hidayatul Fikra, S.Ag dan  Fitriani, S.Ag, untuk membantu tercapainya tujuan kerjasama ini. 


Kedua fasilitator ini juga membawa dua orang lainnya sebagai co-facilitator, Iqrimatunnaya dan Elza Sabilah. Keduanya juga pernah berpartisipasi dalam kegiatan coaching and clinic destinasi wisata ilmiah bersama Jurusan Ilmu Hadis UIN Banten pada akhir Juni lalu. 


Sebanyak 52 orang peserta cukup antusias mengikuti kegiatan hingga sore hari. Praktik penulisan artikel berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Hingga di penghujung acara,  Alfia Makarim, salah satu peserta berhasil mencapai tahap 7 dalam waktu 3 jam. 


Hal ini merupakan suatu proses yang luar biasa dan patut diapresiasi. Prof. Wahyudin Darmalaksana menuturkan, "Di dalam hidup ini yang mengerti semua proses adalah diri kita sendiri, maka hargailah semua proses yang sudah dijalani. Karena hasil dari proses itu akan kembali pada diri sendiri. Saya yakin, bahwa pemilik masa lalu adalah orang yang terpelajar. Tetapi, pemilik masa depan adalah orang yang terus ingin menjadi pembelajar." 


Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Cirebon secara penuh mensupport acara ini, "Academic Writing ini adalah bentuk sinergitas yang berkelanjutan. Bersama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati kami berkomitmen untuk meningkatkan pencapaian outcame yang lebih baik." [Iqrimatunnaya]

Tag Terpopuler