Penyebab Rusaknya Hati

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Penyebab Rusaknya Hati

Kamis, 07 Desember 2023 | Desember 07, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T17:13:38Z


DAMAIKU.ID -- Seiring dengan Hari jum’at ini, bertepatang dengan tanggal 1 Desember 2023 M. Dalam perhitungan Kalender Masehi. yang pada ahir bulan Desember nanti dalam bahasa manajen/ekonomi lazimnya bulan desember disebut “bulan tutup buku”, pertanda berakhirnya kegiatan, sebetulnya hal itu mengadung makna evaluasi program atau juga evaluasi diri. Sehubungan dengan itu, perkenankan khatib dalam kesempatan ini mengupas tentantang evaluasi diri yang diawali dengan memahami “Penyebab Rusaknya Hati”.


Hadirin rahimakumullah


Manusia merupakan makhluk yang istimewa dengan segala perangkat yang diberikan Allah swt, baik perangkat keras (jasad) maupun perangkat lunak (akal dan hati). Semua perangkat tersebut senantiasa memiliki tujuan dan kemanfaatan bagi tubuh manusia itu sendiri. Semua perangkat harus dijaga dan dilestarikan dengan baik, karena jika tidak, maka akan rusak dan tidak berfungsi sebagaimana semestinya.


Hati dalam Islam merupakan perangkat lunak yang mempengaruhi perangkat keras (jasad), sehingga apa yang terjadi pada hati maka akan berdampak pada jasad. Jika hati baik, maka baiklah anggota badan yang lain. Jika hati rusak, maka rusak pula yang lainnya.


Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Penyebab Rusaknya Hati  oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini

Tag Terpopuler