Begini Etika Pemilih yang Baik dalam Islam

Notification

×

Kategori Posting

Cari Postingan

Halaman

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Begini Etika Pemilih yang Baik dalam Islam

Jumat, 29 Desember 2023 | Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-29T01:30:00Z

 



DAMAIKU.ID -- Pada Jumat kali ini mari kita juga terus mengencangkan dan menguatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT dengan meyakini bahwa Allah lah yang paling berkuasa atas hidup dan kehidupan kita di dunia. Mari berjuang sekuat tenaga untuk menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang bersyukur, beriman dan bertakwa sehingga akan menjadi orang yang mulia di sisi Allah SWT.


Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah


Izinkanlah khotib, pada khutbah kali ini, khatib akan menyampaikan materi khutbah berjudul: Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam. Hal ini penting untuk disampaikan agar kita bisa menjadi seorang pemilih yang bijak dan tepat dalam memilih pemimpin yang akan menjadi sosok penentu kebijakan. hal ini disampaikan, seiring dengan Pemilu tinggal menghitung hari pada TVRI ditayangkan setiap hari, hari ini Jum’at, 15 Desember 2023, tinggal 60 hari lagi menuju ke tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Hari Pemilihan Umum.


Pemilihan pemimpin merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai seorang warga negara, yang memiliki hak suara, seyogianya kita memiliki akhlak dalam memilih calon pemimpin, yang kelak akan menahkodai Indonesia dalam pelbagai level; legislatif dan eksekutif. Dalam hal ini, Islam memberikan rambu-rambu dan etika dalam memilih calon pemimpin.


Pasalnya, seorang pemimpin memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan umat dan warga masyarakat. Pemimpin yang baik dan berintegritas akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa kemaslahatan bagi umat. Berdasarkan panduan Al-Qur’an, setidaknya ada 3 akhlak dalam Islam untuk memilih pemimpin. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik masyarakat dalam menentukan calon pemimpin ke depan.


Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Etika Pemilih yang Baik dalam Islam oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini

Tag Terpopuler